How To Look Younger


Hai Ladies..

 
Kali ini saya mau menjabarkan langkah-langkah bagaimana terlihat lebih muda dengan menggunakan makeup. Beberapa orang bilang bahwa menggunakan makeup membuat orang terlihat lebih tua, lebih berumur, dan tidak sesuai dengan usianya. Namun, menurut saya, tidak demikian. Penggunaan makeup yang sesuai, teknik pengaplikasian yang tepat, dan jenis kosmetik yang digunakan berperan cukup penting dalam membuat kesan wajah menjadi lebih tua, lebih muda, lebih terpoles, dan lebih kucel (ih seriusaaan, pengaplikasikan makeup yang ceroboh bisa membuat wajah terlihat lebih kucel loh!).

 
Menurut saya, seseorang terlihat lebih muda jika kulit wajahnya tampak mulus, glowy dan merona cerah, tidak terlihat kerutan dan flek, dan tidak menggunakan makeup yang terlalu dramatis. Intinya, yang akan saya kreasikan sekarang adalah clean look/no makeup makeup look/everyday look, oh you name it! Disini saya menggunakan beberapa produk favorit yang mungkin akan saya tuliskan reviewnya di kemudian hari dan ya, let’s get started!

 
Pertama-tama, biasanya setelah membersihkan wajah dengan menggunakan facial foam dan diikuti face mist (yang cara pembuatannya bisa dilihat disini), saya menggunakan krim SPF. Krim yang saya gunakan memiliki kandungan SPF 30 yang cukup melindungi kulit saya selama 4-8 jam. Sebetulnya menggunakan krim SPF membuat kulit wajah terlihat berminyak dan foundation cepat teroksidasi. Namun, saya lebih suka wajah saya terlihat berminyak dari pada terkena kanker kulit akibat dari terus menerus terpapar sinar matahari. Menurut saya, pemakaian krim SPF adalah vital, tidak peduli apakah moisturizer atau foundation yang saya gunakan selanjutnya mengandung SPF atau tidak.

20151102_132708
Seperti yang saya singgung sebelumnya, bahwa krim SPF membuat kulit terlihat berminyak. Oleh karena itu selanjutnya saya memakai moisturizer yang memiliki dua fungsi, yaitu sebagai pelembab dan sekaligus membuat kulit terlihat lebih matte, pori-pori terlihat lebih kecil, dan kerutan (jika ada) terlihat lebih samar. Jika dilihat dari fungsinya, moisturizer ini tampak seperti makeup primer. Tapi tidak demikian, karena selanjutnya saya tetap memakai makeup primer yang berfungsi sebagai pembatas antara skin care dan makeup. Agar kulit kita tidak tersumbat oleh makeup yang akan kita gunakan selanjutnya dan agar makeup yang kita gunakan terlihat tampak lebih mulus.

20151102_133025
Kemudian, berhubung saya mempunyai jerawat yang sedang merah-merahnya, maka saya akan mengkoreksi kulit wajah saya yang kemerahan dengan corrector berwarna hijau. Ladies, jika melihat langkah ini tidak penting karena akan membuat makeup terlihat lebih tebal? Well, menurut saya penting karena kulit yang lebih muda = kulit yang bebas jerawat. Setelah itu, saya aplikasikan concealer di tempat yang tadi sudah diaplikasikan corrector hijau dan di titik-titik lain yang saya pikir perlu disamarkan, seperti bekas jerawat. Oh iya, saya hanya menggunaan ujung jari saat membaurkan corrector dan concealer ini karena saya butuh sentuhan yang paling ringan tapi tetap efektif dalam mengcover ketidakseimbangan warna kulit.

2
Selanjutnya, saya mengaplikasikan foundation dengan kecerahan sekitar 1-2 tingkat lebih cerah daripada kulit wajah saya. Mengapa? Karena krim SPF yang saya sebutkan tadi akan mempercepat proses oksidasi foundation yang mengakibatkan warna foundation menjadi lebih gelap. So, saya tidak mau setelah lewat beberapa jam makeup saya membuat wajah saya kucel, makanya saya aplikasikan foundation yang lebih cerah namun tetap dengan undertone yang sama dengan kulit saya, yaitu kuning. Setelahnya, saya mengeset foundation saya dengan sedikit bedak translucent.

3
Kemudian, saya aplikasikan sedikit bronzer untuk “menghangatkan” tampilan wajah, sekaligus membuat wajah lebih berdimensi. Lalu saya aplikasikan blush on berwarna peach, karena warna ini paling cocok dengan undertone kulit saya. Terakhir saya aplikasikan mascara dan (mungkin bagi yang berminat) bulu mata palsu untuk membuat tampilan mata lebih terbuka dan cerah. Oh iya, disini saya tidak menggunakan makeup mata apapun karena makeup mata biasanya membuat tampilan wajah menjadi lebih dewasa. Selain itu, saya hanya membuat alis mata saya lebih terdefinisi, karena bagaimanapun alis mata adalah frame dari wajah. Lalu saya juga memakai lipstik warna peach yang membuat wajah lebih cerah. Warna peach ini saya dapatkan dari mencampurkan lipstik warna MLBB saya dengan lipstik warna oranye.

20151102_135838
So, ya.. sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat. Thanks and take care, Ladies. Smooch!

One comment

Leave a comment